Sidebar Ads

banner image

Cara Mudah Mencegah Aplikasi Update Otomatis di Smartphone

Smartphone harus selalu update agar tetap bisa berjalan lancar dan Anda dapat mencicipi fitur terbarunya.
Hal yang sama juga dilakukan pada aplikasi yang Anda pasang. Sebagian pengguna smartphone, terutama berbasis Android, mungkin pernah menemukan aplikasi yang dimiliki tiba-tiba melakukan update otomatis. Padahal, saat itu kuota internet Anda sudah sangat sedikit.

Bagi Anda yang belum mengetahui, Google Play Store memiliki pengaturan untuk membuat aplikasi tidak update  secara otomatis dengan mengkonsumsi kuota internet Anda.

Berikut panduan langkah untuk melakukannya yang sudah dirangkum oleh Medcom.id
1. Akses menu pengaturan Google Play Store

 (Androidcentral.com/2018)


Saat Anda sudah memasuki daftar katalog aplikasi Google Play Store, pilih ikon yang berada di sudut kanan atas tampilan di layar sehingga muncul kolom di sisi kiri yang berisi daftar menu tambahan. Lalu pilih menu settings atau pengaturan untuk masuk ke daftar pengaturan yang disajikan Google Play Store.

2. Cari menu update otomatis aplikasi
Setelah beralih ke halaman berisi daftar pengaturan, cari menu pengaturan selanjutnya bertuliskan auto-update app atau otomatisasi pembaruan aplikasi. Apabila Anda sudah menemukannya maka Anda akan disediakan pilihan pengaturan untuk update atau pembaruan aplikasi.

3. Memahami setiap pilihan pengaturan otomatisasi update aplikasi
Ada 3 pilihan pengataturan otomatisasi update aplikasi yang tersedia. Pertama adalah do not auto-update apps atau menonaktifkan fitur update otomatis. Jadi Anda harus melakukannya secara manual lewat Google Play Store untuk memperbarui aplikasi diinginkan.

Pilihan kedua adalah otomatisasi update aplikasi kapan saja. Apabila Anda memilih ini maka saat pembuat aplikasi sudah merilis update terbaru maka aplikasi akan langsung melakukan update. Konsekuensinya Anda tidak akan menyadari kuota internet Anda tersedot.

Pilihan ketiga adalah otomatisasi update aplikasi hanya saat terhubung dengan Wi-Fi. Artinya pad saat smartphone Anda terhubung dengan Wi-Fi secara otomatis seluruh aplikasi yang Anda miliki akan melakukan update. Apabila Wi-Fi terputus maka update aplikasi akan langsung terhenti dan harus mengulang dari awal saat kembali terhubung Wi-Fi.
Semoga bermanfaat.

Sumber: medcom.id
Cara Mudah Mencegah Aplikasi Update Otomatis di Smartphone Cara Mudah Mencegah Aplikasi Update Otomatis di Smartphone Reviewed by Erhaje88 Blog on February 15, 2018 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.