Sidebar Ads

banner image

Modal Nekat Untung Berlipat, Satu Bulan 13 Juta!

Usaha yang dijalani Jailani ini patut dijadikan contoh. Hanya bermodal nekat, warga Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, itu kini mampu meraih keuntungan jutaan rupiah per bulan.


MENJANJIKAN: Jailani sedang memberi makan ribuan ikan lele di kolam sekitar rumahnya di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro.
Jailani sedang memberi makan ribuan ikan lele di kolam sekitar rumahnya di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro. (DOK. radarbanyuwangi)


Usaha Jailani ternyata cukup mudah. Dia hanya melakukan pembesaran ikan lele di kolam yang ada di sekitar rumahnya. Bibit lele dia peroleh dari Kecamatan Srono. Selang empat puluh hari kemudian, ternak lele miliknya pun dipanen.

”Panen ikan lele saya lakukan sebulan sekali. Dalam sekali panen bisa meraup keuntungan kotor sampai Rp 13 juta,” ucap Jailani.

Pria yang sudah 7 tahun ternak ikan lele ini menambahkan, selama sebulan dia harus membeli pakan lele sebesar Rp 2.500.000. ”Sehingga, jika dipotong biaya pakan per bulan sebesar Rp 2,5 juta, maka keuntungan bersih sekitar Rp 10,5 juta,” papar Jailani.

Jailani mengaku tidak hanya memberi pakan ikan lele dengan konsentrat saja. Melainkan dicampur dengan usus ayam. Selama sebulan, dia menghabiskan sekitar 45 kilogram usus. Usus ayam ini dia peroleh dari pedagang ayam di pasar Banyuwangi.

Dari sekitar 10 ribu bibit, Jailani mampu memanen ikan lele seberat 7 sampai 1,9 ton. Hasil panen ikan lele ini ke­mu­dian dipasarkan ke Bali dan sejumlah pasar lokal di Ba­nyuwangi.
(radarbanyuwangi)
Modal Nekat Untung Berlipat, Satu Bulan 13 Juta! Modal Nekat Untung Berlipat, Satu Bulan 13 Juta! Reviewed by Erhaje88 Blog on February 07, 2018 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.