Sidebar Ads

banner image

Tanggapan Komentar Terkait Dalil Menggaungkan Syair Ya Lal Wathan Pada Saat Sa'i

Oleh: M. Asnawi Ridlwan (Wakil Sekretaris IBM - PBNU)

Beberapa hari setelah saya menulis sedikit ulasan tentang hukum menggaungkan ya lal wathon pada saat melaksanakan sai, ternyata banyak sekali memunculkan beragam tanggapan. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan komentar terkait hal tersebut:

1.Terima kasih atas segala tanggapannya baik yang setuju ataupun yang tidak setuju. Saya sangat berbahagia karena hal ini menandakan bahwa budaya berdialog dan berdiskusi dengan berbasis kajian ilmiah tidak luntur di Negara kita meski sempat diusik oleh hiruk pikuk politik yang dapat menyulut kebencian antar sesama elemen bangsa.




Rombongan Banser saat Sa'i


2.Mohon maaf saya tidak merespon secara cepat atas tanggapan tersebut, karena ada kesibukan lain. Dalam dua hari ini ada diskusi dengan tim DSN MUI di Bandung, dan baru sampai rumah tadi malam.

3.Karena didorong oleh banyak rekan untuk menanggapi komentar tersebut, insyaallah saya akan menulis secara bertahap satu persatu. Mudah-mudahan Allah memberikan rahmat dan maunah kepada saya, anda semua, dan bangsa Indonesia raya.

BEBERAPA SAHABAT NABI MELANTUNKAN SYI’IR MIRIP YA LAL WATHON SEWAKTU THAWAF ATAU SAI

Syi’ir merupakan untaian kata yang disusun serapi mungkin dan seindah mungkin untuk menyampaikan sesuatu yang ada dalam benak hati dan pikiran seseorang. Maka tidak perlu heran apabila syiir dengan tema pujian pada Allah atau segala ciptaanNya termasuk kalam hasan dan menurut banyak ulama’ fiqh menghukumi sunah.

Sebagaimana aturan tata cara berdzikir pada umumnya, bersyair juga dilarang apabila dilantunkan tatkala berada di tempat yang najis atau menjijikkan atau saat melakukan perbuatan haram atau makruh. Selain ketentuan tersebut, tentu saja sangat dianjurkan. Baik di dalam masjid atau di luar masjid meskipun ada bentuk ibadah lain yang lebih utama disesuaikan dengan tempat dan waktunya. Contoh sewaktu berada di dalam masjid, tentu yang paling utama adalah melaksanakan ibadah shalat lantas membaca alqur’an namun tidak berarti dilarang menggaungkan syi’ir ya lal wathon atau syi’ir yang lain. Demikian pula saat menjalankan thawaf dan sai.

Memang yang paling utama adalah memperbanyak doa lantas bertakbir, namun bukan berarti dilarang untuk diselipi dengan pujian syiir yang baik termasuk ya lal wathon. Sebenarnya hal ini sudah saya singgung pada tulisan awal lalu, namun sayang sekali ada yang tidak memperhatikan secara serius.

Berikut beberapa dalil yang menunjukkan bahwa beberapa sahabat juga bersyiir sewaktu thawaf atau sai dan tidak ada larangan dari Rasulullah SAW:

1.Abu Ahmad RA. melantunkan syiir sewaktu thawaf:

ﺃﺧﺒﺎﺭ ﻣﻜﺔ ﻟﻠﻔﺎﻛﻬﻲ ‏( /3 256 ‏)
ﺣَﺪَّﺛَﻨِﻲ ﺍﺑْﻦُ ﺃَﺑِﻲ ﺳَﻠَﻤَﺔَ، ﻗَﺎﻝَ : ﺛﻨﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﺍﻟْﺤَﺴَﻦِ، ﻗَﺎﻝَ : ﺛﻨﺎ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰِ ﺍﻟﺰُّﻫْﺮِﻱُّ، ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﺃَﺧِﻲ ﺍﺑْﻦِ ﺷِﻬَﺎﺏٍ ﺍﻟﺰُّﻫْﺮِﻱِّ، ﻭَﻣُﺤَﻤَّﺪِ ﺑْﻦِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰِ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﺰُّﻫْﺮِﻱِّ، ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺑْﻦِ ﺛَﻌْﻠَﺒَﺔَ، ﻗَﺎﻝَ " ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺃُﻣَﻴْﻤَﺔُ ﺑِﻨْﺖُ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟْﻤُﻄَّﻠِﺐِ ﻋِﻨْﺪَ ﺟَﺤْﺶِ ﺑْﻦِ ﺭِﺋَﺎﺏِ ﺑْﻦِ ﻳَﻌْﻤَﺮَ ﺑْﻦِ ﺻَﺒِﺮَﺓَ ﺑْﻦِ ﻣُﺮَّﺓَ ﺑْﻦِ ﻛَﺜِﻴﺮِ ﺑْﻦِ ﻏَﻨْﻢِ ﺑْﻦِ ﺩُﻭﺩَﺍﻥَ ﺑْﻦِ ﺃَﺳَﺪِ ﺑْﻦِ ﺧُﺰَﻳْﻤَﺔَ، ﻓَﻮَﻟَﺪَﺕْ ﻟَﻪُ ﻋَﺒْﺪَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻭَﺃَﺑَﺎ ﺃَﺣْﻤَﺪَ ﺍﻟْﺄَﻋْﻤَﻰ، ﻭَﺍﺳْﻤُﻪُ ﻣُﺤَﻤَّﺪٌ، ﻭَﻋُﺒَﻴْﺪَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺗَﻨَﺼَّﺮَ ﺑِﺄَﺭْﺽِ ﺍﻟْﺤَﺒَﺸَﺔِ، ﻭَﺯَﻳْﻨَﺐَ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺗَﺤْﺖَ ﺯَﻳْﺪِ ﺑْﻦِ ﺣَﺎﺭِﺛَﺔَ، ﺛُﻢَّ ﺧَﻠَﻒَ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻭَﻓِﻴﻬَﺎ ﺃَﻧْﺰَﻝَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ : } ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﻗَﻀَﻰ ﺯَﻳْﺪٌ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﻭَﻃَﺮًﺍ ﺯَﻭَّﺟْﻨَﺎﻛَﻬَﺎ { ‏[ ﺍﻷﺣﺰﺍﺏ : 37 ‏] ، ﻭَﺣَﻤْﻨَﺔَ ﺑِﻨْﺖَ ﺟَﺤْﺶٍ، ﻭَﺃُﻡَّ ﺣَﺒِﻴﺒَﺔَ ﺑِﻨْﺖَ ﺟَﺤْﺶٍ ‏[ ﺹ 293: ‏] ﻭَﺃَﺑُﻮ ﺃَﺣْﻤَﺪَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﻘُﻮﻝُ، ﻭَﻛَﺎﻥَ ﺷَﺎﻋِﺮًﺍ، ﻭَﻫُﻮَ ﻳَﻄُﻮﻑُ ﺃَﺳْﻔَﻞَ ﻣَﻜَّﺔَ ﻭَﺃَﻋْﻠَﺎﻫَﺎ ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﻗَﺎﺋِﺪٍ :
ﻳَﺎ ﺣَﺒَّﺬَﺍ ﻣَﻜَّﺔَ ﻣِﻦْ ﻭَﺍﺩِﻱ ... ﺃَﺭْﺽٌ ﺑِﻬَﺎ ﺃَﻫْﻠِﻲ ﻭَﻋُﻮَّﺍﺩِﻱ
ﺃَﺭْﺽٌ ﺑِﻬَﺎ ﺃَﻣْﺸِﻲ ﺑِﻠَﺎ ﻫَﺎﺩِﻱ

2. Ibnu Ummi Maktum melantunkan syiir sewaktu thawaf atau sai:

ﺃﺧﺒﺎﺭ ﻣﻜﺔ ﻟﻸﺯﺭﻗﻲ ‏( /2 154 ‏)
ﻗَﺎﻝَ : ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺩَﺍﻭُﺩُ ﺑْﻦُ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ، ﻗَﺎﻝَ : ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﻃَﻠْﺤَﺔَ ﺑْﻦَ ﻋَﻤْﺮٍﻭ، ﻳَﻘُﻮﻝُ : ﻗَﺎﻝَ ﺍﺑْﻦُ ﺃُﻡِّ ﻣَﻜْﺘُﻮﻡٍ، ﻭَﻫُﻮَ ﺁﺧِﺬٌ ﺑِﺨِﻄَﺎﻡِ ﻧَﺎﻗَﺔِ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻭَﻫُﻮَ ﻳَﻄُﻮﻑُ :
ﺣَﺒَّﺬَﺍ ﻣَﻜَّﺔُ ﻣِﻦْ ﻭَﺍﺩِﻱ ... ﺑِﻬَﺎ ﺃَﺭْﺿِﻲ ﻭَﻋُﻮَّﺍﺩِﻱ
ﺑِﻬَﺎ ﺗَﺮْﺳَﺦُ ﺃَﻭْﺗَﺎﺩِﻱ ... ﺑِﻬَﺎ ﺃَﻣْﺸِﻲ ﺑِﻠَﺎ ﻫَﺎﺩِﻱ "
ﻗَﺎﻝَ ﺩَﺍﻭُﺩُ : ﻭَﻟَﺎ ﺃَﺩْﺭِﻱ ﻳَﻄُﻮﻑُ ﺑِﺎﻟْﺒَﻴْﺖِ ﺃَﻭْ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟﺼَّﻔَﺎ ﻭَﺍﻟْﻤَﺮْﻭَﺓِ "

Penjelasan: Sangat aneh jika ada yang berstatement bahwa bersyiir hanya diperbolehkan sewaktu thawaf. Apabila memang memiliki sedikit pondasi pemahaman ushul fiqh dari kalangan ahlu sunnah wal jamaah, tentu mengenal konsep qiyas aulawi para mujtahid. Dengan pola manhaj, sewaktu thawaf diperbolehkan tentu sewaktu sa’I juga boleh. Karena thawaf berada di dalam area masjid sedangkan lokasi sa’I berada di luar masjid. Bila kemampuan analisanya hanya berkutat tekstual, bacalah hadits di atas. Imam Dawud masih ragu tentang kisah lengkap hadits tersebut, apakah sewaktu thawaf atau sa’i. artinya, hadits itu bisa dianalogkan sedang thawaf dan sa’i.

3. Sayyidina Abu Bakar RA. melantunkan syiir sewaktu thawaf:

ﺃﺧﺒﺎﺭ ﻣﻜﺔ ﻟﻠﻔﺎﻛﻬﻲ ‏( /1 302 ‏)
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟْﺠَﺒَّﺎﺭِ ﺑْﻦُ ﺍﻟْﻌَﻠَﺎﺀِ ﻗَﺎﻝَ : ﺛﻨﺎ ﺃَﺑُﻮ ﺳَﻌِﻴﺪٍ ﻣَﻮْﻟَﻰ ﺑَﻨِﻲ ‏[ ﺹ 303: ‏] ﻫَﺎﺷِﻢٍ ﻗَﺎﻝَ : ﺛﻨﺎ ﺳَﻌِﻴﺪُ ﺑْﻦُ ﻣُﺴْﻠِﻢِ ﺑْﻦِ ﺑَﺎﻧَﻚَ، ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﺃَﻭْﻓَﻰ، ﺳَﻤِﻌَﻪُ ﻣِﻨْﻪُ ﻗَﺎﻝَ : " ﺇِﻥَّ ﺃَﺑَﺎ ﺑَﻜْﺮٍ ﺍﻟﺼِّﺪِّﻳﻖَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﻄُﻮﻑُ ﺑِﺎﻟْﺒَﻴْﺖِ ﻭَﻫُﻮَ ﻳَﻘُﻮﻝُ
ﻳَﺎ ﺣَﺒَّﺬَﺍ ﻣَﻜَّﺔَ ﻣِﻦْ ﻭَﺍﺩِﻱ ... ﺃَﺭْﺽٌ ﺑِﻬَﺎ ﺃَﻫْﻠِﻲ ﻭَﻋُﻮَّﺍﺩِﻱ
ﻓَﻤَﺮَّ ﺑِﻪِ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﻮَﺿَﻊَ ﻳَﺪَﻩُ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻨْﻜِﺒِﻪِ، ﻓَﻘَﺎﻝَ : " ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ " ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ : " ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ "
Penjelasan: Hadits ini tidak bisa diartikan sebagai sebuah teguran atau larangan dari Rasulullah SAW. kepada sayyidina Abu Bakar. Sebab bila Rasul ingin melarang sahabatnya, tentu akan bersabda: ﻻ ﺗﻘﻞ karena dalam konsep ushul fiqh sudah dijelaskan, bila kemungkaran sedang dijalankan, maka cara menunjukkannya dengan mengucapkan kalam nahi. Juga, ada hadits lain yang menceritakan ketika sahabat bersyiir ternyata Rasulullah mengizinkannya. Bahkan ada riwayat yang menyebutkan tentang bangganya Rasulullah dengan syiir sahabat tersebut. ( silahkan baca kitab: ﺑﺤﺮ ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﻟﻠﺮﻭﻳﺎﻧﻰ ﺝ 3: ﺹ : 483 .

Pemahaman yang benar, hadits ini menunjukkan bahwa membaca takbir sewaktu thawaf lebih utama dibandingkan melantunkan syi’ir.

Keterangan tambahan:

1. Terjemah dari syiir tersebut adalah:

ﺣَﺒَّﺬَﺍ ﻣَﻜَّﺔُ ﻣِﻦْ ﻭَﺍﺩِﻱ ... ﺑِﻬَﺎ ﺃَﺭْﺿِﻲ ﻭَﻋُﻮَّﺍﺩِﻱ
ﺑِﻬَﺎ ﺗَﺮْﺳَﺦُ ﺃَﻭْﺗَﺎﺩِﻱ ... ﺑِﻬَﺎ ﺃَﻣْﺸِﻲ ﺑِﻠَﺎ ﻫَﺎﺩِﻱ

“ Sungguh indah kota Mekahku…. Di dalam jurangpun bisa dihuni keluarga dan kaumku
Langkah kakikupun terasa ringan….meski tanpa sang penerang jalan ( bulan purnama ).

2. Memuji ciptaan Allah berarti memuji sang penciptanya.
Tanggapan Komentar Terkait Dalil Menggaungkan Syair Ya Lal Wathan Pada Saat Sa'i Tanggapan Komentar  Terkait Dalil Menggaungkan Syair Ya Lal Wathan Pada Saat Sa'i Reviewed by Erhaje88 Blog on March 01, 2018 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.