Sidebar Ads

banner image

Ingin Kuliah di IKJ? Ini Rincian Biayanya

Para lulusan SMA atau sederajat yang memiliki bakat dan minat di bidang kesenian saat ini tak perlu bingung menentukan pilihan terkait tempat studi yang bisa mereka tuju setelah lulus SMA. Pasalnya sudah banyak perguruan tinggi ternama yang memang fokus memberikan pendidikan di bidang kesenian, salah satunya seperti Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Gambar: www.ikj.ac.id

IKJ memiliki beberapa fakultas , yakni Fakultas Film dan Televisi, Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, dan Pascasarjana.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, IKJ membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2018/2019 mulai bulan Januari hingga Agustus 2018. Masing-masing fakultas biasanya menerapkan jadwal pendaftaran dan biaya masuk yang berbeda-beda.

Sebagai informasi , pendaftaran Fakultas Film dan Televisi dibuka mulai Februari-Agustus 2018 dan setiap calon mahasiswa dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 350 ribu. Kemudian untuk Fakultas Seni Pertunjukan pendaftaran dibuka Januari-Juli 2018 dengan biaya formulir pendaftaran Rp 300 ribu. Yang terakhir, Fakultas Seni Rupa membuka pendaftaran sejak Februari-Juli 2018 dan tiap calon mahasiswa diminta membayar biaya pendaftaran Rp 500 ribu.

Syarat masuk IKJ sebenarnya tidak terlalu sulit, namun umumnya calon mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti ujian, baik ujian tertulis, wawancara, hingga praktik. Saat pertama kali masuk, biaya kuliah S1 di Fakultas Film dan Televisi Rp 42,5 juta, sudah termasuk uang kuliah semester 1 dan 2. Untuk informasi biaya pendidikan di jurusan atau program studi lainnya, para pendaftar bisa langsung mengecek di situs resmi, https://pmb.ikj.ac.id.

Menariknya, tahun ini juga disediakan Seleksi Beasiswa Unggulan untuk kuliah di program Sarjana (S1) FFTV IKJ bagi 30 orang lulusan SMA atau sederajat tahun 2016, 2017, dan 2018 dengan usia maksimal 22 tahun. Program beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini merupakan kerja sama Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemendikbud, Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud, dengan Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV IKJ).

“Tujuan umum program ini adalah untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar maupun non-gelar,” kata Kepala BPKLN Suharti, seperti dilansir Antara.

Seleksi administrasi dibuka mulai 1 Mei-7 Juli 2018, sedangkan seleksi tertulis dan wawancara berlangsung pada 28 Juli 2018. Berkas persyaratan yang dibutuhkan antara lain ijazah atau surat keterangan lulus, pas foto, salinan kartu keluarga dan akte kelahiran, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat, Surat Keterangan Bebas Narkoba, dan lain-lain. Peserta juga diwajibkan memiliki bukti karya di bidang perfilman berupa sertifikat atau penghargaan setingkat kabupaten/ kota.

https://kursrupiah.net/berminat-kuliah-di-institut-kesenian-jakarta-ini-rincian-biaya-masuk-ikj/17167/
Ingin Kuliah di IKJ? Ini Rincian Biayanya Ingin Kuliah di IKJ? Ini Rincian Biayanya Reviewed by Erhaje88 Blog on May 20, 2018 Rating: 5

2 comments:

  1. Hi, itu waktu awal masuk harus bayar uang semester 1 sama 2 langsung ya ? Uang SKS berarti udah termasuk ke biaya itu ? atau beda lagi ?

    ReplyDelete
  2. Biaya kulia persemster brp

    ReplyDelete

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.