Sidebar Ads

banner image

Gus Muwafiq, Kyai Muda Idola Baru Anak Muda Zaman Now

Di tengah maraknya ustad-ustad medsos yang berseliweran di dunia maya, angin segar datang dari sebuah kota Istimewa, tepatnya dari Sleman Yogyakarta, yaitu dengan tampilnya seorang pendakwah yang menyejukkan dan mendudukkan kembali logika keagamaan dan kebangsaan kita. Pendakwah itu adalah kyai haji Ahmad Muwaffiq, atau akrab dipanggil Gus Muwafiq.

(Gus Muwafiq saat sowan ke kediaman Habib Luthfi di Pekalongan)

Di kalangan aktivis dan mahasiswa Nahdlatul Ulama, namanya sudah tak asing lagi. Ia merupakan pria kelahiran Lamongan, Jawa Timur, yang kemudian melanglang-buana menuntut ilmu dari pesantren satu ke pesantren lain. Setelah itu, ia kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan aktif di organisasi kemahasiswaan. Puncaknya, adalah ketika ia di daulat menjadi Sekjend Mahasiswa Islam se-Asia Tenggara.

Di akhir Orde Baru, Gus Muwafiq bersama aktivis lain juga terlibat dalam berbagai aksi, sampai kemudian Presiden Soeharto tersungkur dari tahtanya. Kemudian ia juga dipercaya oleh KH Abdurrahman Wahid untuk mengikuti sang presiden berkunjung kemana-mana, dan dari sinilah beliau banyak menyerap ilmu dari Sang Guru Bangsa.

Ketika saya berkunjung ke kediamannya untuk menanyakan profil lengkapnya, karena memang banyak yang meminta, beliau enggan.

“Sudah, yang kau ketahui saja,” tuturnya. Memang, beliau adalah sosok yang low profile. Bahkan, di kediamannya, beliau selalu makan bersama dengan beberapa santri dan aktivis NU yang sering mengungjunginya. Hampir tak ada sekat.

Kiai Muhammad Imdad Zuhri, salah satu yunior dan santrinya di dunia pergerakan kampus di Yogyakarta, memiliki pandangan tersendiri atas seniornya.

“Setahu saya, beliau belajar di pesantren satu ke pesantren lain. Di Lirboyo pun beliau tidak ikut madrasah, namun beliau sering memijat Sang Kiai,” terang mursyid Thariqah Qadiriyyah Naqsyabandiyyah Wonosobo yang pernah disuruh untuk puasa selama delapan tahun oleh Gus Muwafiq ini.

Selain kebal dan sedikit menguasai ilmu kanuragan, Gus Muwafiq adalah sosok yang rajin menjalankan kesunnahan, seperti shalat sunnah dan puasa.
“Untuk memperbaiki jiwa manusia, hampir tak ada yang seefektif puasa,” tuturnya suatu ketika kepada Kiai Imdad.

Kekebalan dan kedigdayaan Gus Muwafiq – hal yang hari ini mulai langka ditelan modernitas – pernah dipaparkan beliau kepada kami, dalam suatu pelatihan. Ketika panas-panasnya aksi penggulingan Gus Dur dari kursi kepresidenan, konon Gus Muwafiq mengangkat mobil panser TNI dengan hanya memakai tangan kiri di depan Istana.

Hal ini karena mobil yang awalnya moncong meriamnya menghadap ke rakyat (berarti masih membela Gus Dur) kemudian menghadap istana. Menurut Gus Muwafiq, kemudian kejadian itu difoto dan menjadi headline di Kompas. Namun sayang, sampai hari ini saya cari, foto itu belum juga ketemu.

(Gus Muwafiq muda, lingkaran biru, saat mendampingi Gus Dur)

Sebagai sosok kiai dan pendakwah NU, Gus Muwafiq tergolong memiliki instrumen yang lengkap untuk mendudukkan persoalan pada rel syariat dalam bingkai Indonesia.

Beliau, menurut saya, adalah sosok kiai yang langka. Beliau paham teks klasik (kitab kuning), dari nahwu-shorof, balaghoh, fiqh, ushul fiqh, sampai tafsir, tauhid dan juga isu kontemporer.

Beliau paham bagaimana sejarah Islam (Indonesia maupun dunia) terbentuk dari semenjak penciptaan semesta sampai hari ini. Agama Islam, jadi tak berdiri sendiri dalam pandangannya, namun dikelilingi oleh konteks, sejarah, ekonomi, politik dan budaya.

Terakhir, masih menurut Kiai Imdad, suatu ketika Gus Muwafiq sowan kepada Habib Luthfi Pekalongan. Di sana ada banyak tamu. Salah satu tamu itu, memanggil Gus Muwafiq dengan dialeg Jawa Timuran: “Cak”. Maka, kemudian si tamu di “marahi” oleh Habib Luthfi, dengan mengatakan: “Ini itu mutiaranya Nahdlatul Ulama, kamu jangan memanggil sembarangan!” Panggillah Gus atau Kiai,” dawuh-nya, kurang lebih.

Di media sosial, khususnya Youtube, kini banyak pengajian-pengajian beliau yang diunggah oleh youtubers. Ia menjadi rujukan perbagai persoalan fiqh, ubudiyah, sejarah, keislaman, sampai kebangsaan.

Pemahamannya yang luas serta daya ingatnya yang di atas rata-rata, membuat pengajian maupun kajian yang disampaikannya menjadi berbobot dan mencerahkan. Jika anda, muslim Indonesia, khususnya warga Nahdlatul Ulama ingin menyimak pengajian via online, sebaiknya tak lupa untuk menuliskan nama pendakwah zaman now ini di kolom pencarian. [NU Online]

Video Gus Muwafiq Saat Menyampaikan Ceramah di Istana Bogor Beberapa Waktu Lalu Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi SAW:

Gus Muwafiq, Kyai Muda Idola Baru Anak Muda Zaman Now Gus Muwafiq, Kyai Muda Idola Baru Anak Muda Zaman Now Reviewed by Erhaje88 Blog on November 30, 2018 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.