Sidebar Ads

banner image

Hati-hati, Penipuan Video Call Palsu Scammers

Pada tulisan kali ini saya ingin membahas tentang salah satu trik licik scammer yaitu Video Call Palsu! Saya biasa memberi istilah pidio kol! Lho koq bisa? Namanya orang mau menipu ya segala cara dilakukan. Tujuan agar calon korban percaya bahwa pria pujaannya asli seperti photo photonya. Padahal semua itu hanya taktik licik pelaku!

PROSES VIDEO CALL PALSU:
Proses awal:

Scammer mencari video video dari pemilik photo yang berprofesi sebagai tentara, polisi, pelaut dll. Tentu saja mereka bebas mencuri jika akun akun tsb tidak diprivacy. Ada juga pelaku yang merekam saat pemilik akun asli sedang live di Instagram, FB, Tiktok dan lain lan. Setelah terkumpul maka mereka simpan di HP.

Para scammers ini mempunyai banyak akun akun palsu sebagai pancingan. Biasanya banyak sekali wanita dari yang muda hingga emak emak pada rebutan komentar memuji muji diakun si scammers.  Pucuk dicinta ulam tiba, ternyata pancinga yang disebar mendapat banyak ikan. Maka merekapun memilih wanita mana yang kira kira punya uang dan keblinger dengan ketampanan.

Untuk meyakinkan calon korban yang dipanggil bunda  ( biar si wanita ke GR an) maka pelaku mengajak video call.

Caranya: 
• Pelaku menggunakan dua HP yaitu A dan B
• Hp A memutar video curian yang sebelumnya sudah tersimpan
• Hp B mengarahkan camera belakang ke hp A. Camera harus  dekat, tak heran wajah di video tsb segede gaban. Why ? karena  kalau jauh akan terlihat Hp A yang sedang memutar video tsb.
• Pelaku bicara seperti biasa sambil menatap layar  hp B.
• Tak mau lama lama video call karena akan ketahuan gerak bibir orang di video tsb tidak sinkron dengan suara pelaku.

Bagi wanita yang tak mengerti kejahatan scammer atau yang terlalu menggebu ingin punya pasangan tentara atau polisi maka sangat yakin si dia asli. Akibatnya akan sulit disadarkan bahwa dia dalam cengkaraman penjahat dunia maya. Apesnya kalau sudah jadi korban maka yang menjadi sasaran kemarahan adalah pemilik photo. Dengan ngotot si korban akan bilang " Sudah video call dan dialah yang menipu aku "

Wanita wanita cerdik akan melawan penipuan seperti ini dengan cara cantik, yaitu :

Menyuruh pelaku menulis namanya dikertas lalu selfie dan perlihatkan!
Saat video call pelaku disuruh jalan kesana kemari.
Dijamin pelaku melipir dan ngacir.

BERKENALAN LEWAT MEDIA SOSIAL TAK ADA YANG MELARANG, TAPI JANGAN LUPA! SELALU JAGA IMAN, JAGA TABUNGAN DAN KEHORMATAN.

Salam waspada,

Fey Down
https://www.kompasiana.com/feyfey/5ccc0c798d947a4b2c594d55/waspada-trik-licik-scammers-dengan-video-call-palsu
Hati-hati, Penipuan Video Call Palsu Scammers Hati-hati, Penipuan Video Call Palsu Scammers Reviewed by Erhaje88 Blog on May 03, 2019 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.