Sidebar Ads

banner image

Begini Cara Menghadapi Orang Yang Selalu Merasa Benar Sendiri

Setiap orang pasti pernah mengalami suatu kondisi berdebat dengan seseorang yang merasa pendapatnya selalu merasa paling benar sendiri.

Dikutip dari laman Reader's Digest, pada dasarnya orang yang selalu merasa benar sebetulnya ingin menutupi rasa takut dirinya terlihat tidak sempurna. Jika Anda berhadapan dengan orang menyebalkan seperti itu, beberapa cara ini bisa Anda lakukan agar tidak merasa kesal:

(kakakpintar.com)


1. Cobalah tetap tegas, namun tetap santai Penting untuk menjaga kepercayaan diri Anda jika Anda benar-benar merasa memiliki posisi yang kuat. Seseorang yang selalu "merasa benar" biasanya membanggakan dirinya sendiri dengan bersikap sangat rasional. Cobalah untuk tetap tegas namun jangan sampai ikut terbawa emosi atau putus asa.

2. Penuhi dengan bukti Lawan Anda akan berniat untuk mematahkan argumen Anda, jadi pastikan Anda dapat memberikan bukti yang jelas untuk setiap poin yang Anda buat. Memiliki bukti yang kuat akan membuat lawan Anda kesulitan untuk mematahkan pertahanan Anda.

3. Utamakan fakta daripada opini
Mengeluarkan opini adalah sesuatu yang bagus tetapi sebaiknya tidak dilakukan ketika sedang berdebat. Siapkan fakta yang tidak bisa dibantah, atau sebagai alternatif Anda bisa meminta bukti atau fakta dari lawan Anda.

4. Hindari menyindir
Menyindir seseorang dianggap sebagai sesuatu yang rendah dan sering digunakan untuk menyakiti atau menghina seseorang. Bisa jadi mudah untuk menyindir seseorang saat sedang berdebat namun itu tidak memperkuat posisi Anda. Menyindir hanya akan membuat Anda tampak kecil di hadapan rival Anda.

5. Pikirkan kembali berbagai kemungkinan
Hanya karena lawan selalu berpikir mereka benar, tidak berarti mereka juga selalu salah. Terkadang mereka juga memang benar. Pertimbangkan sudut pandang mereka sejenak. Mungkin saja kali ini mereka berada di pihak yang benar.

6. Tinggalkan perdebatan
Tinggalkanlah saja, mungkin saja perdebatan kali ini tidak layak untuk benar-benar diperdebatkan. Simpan energi Anda untuk perdebatan-perdebatan yang lebih penting lainnya. Jangan ragu untuk mengalah jika memang menurut Anda perdebatan tersebut tidak begitu penting. (Metrotvnews)

Semoga bermanfaat
Begini Cara Menghadapi Orang Yang Selalu Merasa Benar Sendiri Begini Cara Menghadapi Orang Yang Selalu Merasa Benar Sendiri Reviewed by Erhaje88 Blog on February 21, 2018 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.