Sidebar Ads

banner image

Tuai Banyak Kecaman, Akhirnya Sukmawati Klarifikasi Dan Jumpa Pers

Usai puisinya yang dibacakan dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 tuai kritikan dan kecaman banyak pihak, Sukmawati Soekarnoputri akhirnya angkat bicara.

Dilansir TribunWow.com, Sukmawati akhirnya menggelar konferensi pers pada Rabu (4/4/2018). Dalam jumpa pers ini, Sukmawati menyampaikan beberapa poin. Termasuk pernyataan jika dirinya secara pribadi tidak berniat untuk menghina umat dan agama Islam.

[Dampak Muazin Bersuara Buruk]


Sukmawati memicu kontroversi lewat puisinya (Foto: Ari Saputra/detik.com)

Berikut petikan pernyataan
Sukmawati Soekarnoputri dikutip akun Facebook Tribunnews.com.

"Pertama, puisi Ibu Indonesia yang saya bacakan adalah sesuai tema dari acara pagelaran busana. Yang mana adalah semata-mata pandangan saya seniman sebagai budayawati dan menyatakan murni karya sastra Indonesia.

Kedua, saya mewakili pribadi, tidak ada niatan menghina umat Islam Indonesia dalam puisi Ibu Indonesia, yang kebijakan-kebijakannya mengikat secara defacto.

Ketiga, puisi Ibu Indonesia adalah salah satu puisi yang saya tulis, yang menjadi bagian buku kumpulan Ibu Indonesia, yang telah diterbitkan pada 2006. Puisi Ibu Indonesia ini ditulis sebagai refleksi dari keprihatinan saya tentang rasa wawasan kebangsaan. Yang saya rangkum semata-mata untuk menarik anak-anak bangsa untuk tidak melupakan jati diri Indonesia asli.

Empat, puisi ini juga saya tulis sebagai bentuk dari saya mengekspresikan kembali suara kebudayaan sesuai dengan tema acara. Saya pun tergerakkan untuk semakin memahami Islam Nusantara yang berkemajuan seperti cita-cita Bung Karno. Dalam hal ini Islam yang bagi saya begitu agung, mulia dan bijaksana. Puisi itu juga sebagai bentuk penghormatan saya kepada bumi pertiwi yang begitu kaya, dengan tradisi kebudayaan dalam susunan masyarakat Indonesia yang berbhineka namun tetap satu bangsa.

Lima, namun dengan karya sastra dari puisi Ibu Indonesia ini telah memantik kontroversi di berbagai kalangan.
Baik pro dan kontra khususnya di kalangan umat Islam. Dengan ini, dari lubuk hati yang paling dalam, saya mohon maaf lahir dan batin kepada umat Islam Indonesia. Khususnya bagi yang merasa tersinggung dan keberatan dengan puisi Ibu Indonesia.

Selain itu saya menyampaikan permohonan maaf kepada Anne Avantie dan keluarga, serta apresiasi dan terima kasih kepada seluruh fashion designer Indonesia agar tetap berkreasi dan produktif.

Demikian klarifikasi saya, yang saya sampaikan melalui konferensi pers ini.
Semoga saudara-saudara sebangsa dapat menyikapi permasalahan dengan bijaksana. Atas perhatian semua pihak, saya ucapkan terima kasih.

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Merdeka!!"


Berikut video pernyataan Sukmawati Soekarno terkait puisi kontroversialnya:


[tribunnews.com]
Tuai Banyak Kecaman, Akhirnya Sukmawati Klarifikasi Dan Jumpa Pers Tuai Banyak Kecaman, Akhirnya Sukmawati Klarifikasi Dan Jumpa Pers Reviewed by Erhaje88 Blog on April 04, 2018 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.