Sidebar Ads

banner image

Bagaimana Mendapatkan Uang Penghasilan Dari Blog?

Blog adalah jurnal atau diary (buku harian) online pribadi yang sering diperbarui. Blog menjadi tempat seseorang untuk mengekspresikan diri, berbagi gagasan dan kegemaran. Apapun bisa kamu bagi di blog.

Sejarah Blog

Blog pertama kali diperkenalkan di Links.net oleh Justin Hall, seorang mahasiswa di Swarthmore pada tahun 1994. Pada saat itu “Weblog” singkatan dari “Web” dan “Log”, yang sekarang menjadi “Blog“. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang pada saat itu dimiliki oleh Yyra Labs dan kemudian pada tahun 2002 di akuisisi oleh Google.

Sumber gambar: google image

Menghasilkan uang dari Blog

Ketika kamu memutuskan memulai menjual barang atau jasa apapun itu di internet, blog menjadi salah satu cara termudah mendatangkan traffic ke website atau blog secara gratis (organic traffic). Kunci utama keberhasilan sebuah blog adalah konsistensi dan kualitas tulisan atau artikel blog. Artikel blog yang berkualitas antara lain pembahasan yang spesifik, originalitas atau keaslian konten, infographic (video, gambar).

Konten

Semakin banyak konten yang kamu tulis, semakin cepat kamu bisa mendatangkan traffic. Permasalahan ketika menulis konten salah satunya adalah ide. Untuk itu, mulailah menulis mengenai keahlian atau pengalamanmu. Kamu bisa menulis mengenai sesuatu yang mungkin bisa membantu orang lain, misalnya cara mendapatkan foto yang bagus untuk Instagram, cara memilih sepatu sneaker, dan sebagainya. Ketika kamu memulai menulis mengenai sepatu sneaker, misalnya, kamu tidak harus menjadi ahli dalam pembuatan sepatu atau fashion. Bisa saja kamu fokus untuk orang-orang (audience) yang mempunyai kesamaan, misal judul artikelnya mengenai “Bagaimana memilih sneaker yang nyaman untuk kamu pengguna Metro Mini”. Dari situ kamu bisa membahas menggenai kenyamanan sepatu, materi sepatu, kaos kaki, cara merawat sepatu hingga kebiasaan ketika menggunakan sneaker.

Kamu bisa juga menggunakan Google Trends sebagai bantuan kamu dalam mencari ide artikel. Di Google Trends, kamu bisa tahu berapa banyak orang yang mencari dengan kata “sneaker” di Indonesia dalam rentan waktu tertentu serta kamu juga bisa tahu topik apa yang banyak dicari orang yang berkaitan dengan “sneaker”.

Ketika menulis artikel, usahakan konten yang kamu buat untuk sesempurna dan semenarik mungkin. Pastikan ketika orang lain membaca artikelmu, mereka mendapatkan sesuatu yang berharga dari artikel itu sehingga mereka mempunyai keinginan untuk membaginya dengan orang lain. Baca artikelmu berkali-kali sebelum kamu mempublikasikannya, minta temanmu untuk membaca dan memberi kamu masukan, bila perlu. Artikel yang memiliki visual (gambar atau video), akan jauh lebih menarik dari pada artikel yang hanya berisi teks.

Audience

Hal yang tak kalah penting dari konten yang berkualitas adalah hubungan antara pemilik blog dengan pembacanya (audience). Semakin besarnya audience, semakin besar juga traffic yang kamu terima. Buatlah agar pembaca kamu merasa nyaman ketika mereka mengunjungi website dan membaca artikel yang kamu tulis.

Beberapa tips agar website kamu nyaman dikunjungi:

1. Kecepatan Membuka Website

Pastikan bahwa website kamu cepat dibuka. Banyak website gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengukur kecepatan akses blog kamu antara lain gtmetrix.com, tools.pingdom.com. Dari hasil analisis tadi, kamu bisa memperbaiki performance blog kamu.

Sebuah penelitian menemukan bahwa manusia membutuhkan sekitar 2.6 detik untuk menilai sebuah website dan 8 detik untuk memutuskan apakah tetap membaca atau meninggalkan website tersebut. Jadi kamu hanya punya waktu 8 detik untuk memberikan kesan terbaik mengenai blog kamu sehingga seorang pengunjung bisa menjadi pembaca tetap blog kamu.

2. Kenyamanan Saat Membaca

Pengunjung harus merasa nyaman ketika membaca artikel di blog kamu. Jangan gunakan warna-warna yang tidak nyaman di mata seperti kuning, merah, atau hijau terang yang membuat mata tidak bisa berlama-lama melihatnya. Sesuaikan antara background dengan tulisan, misalnya background putih, maka tulisan berwarna hitam (bukan kuning). Kamu bisa pakai kalkulator penghitung tingkat kontras warna dan ukuran huruf. https://webaim.org/resources/contrastchecker/

3. Keamanan

Bayangkan kalau kamu mungunjungi website yang iklannya ada di setiap area, ketika kamu klik sebuah link, bermunculan iklan-iklan yang tidak sesuai dengan minat kamu. Gimana rasanya? Begitu juga yang akan pembaca kamu rasakan. Kamu boleh saja memasang beberapa iklan di website kamu supaya kamu bisa dapat pendapatan dari iklan, tapi pastikan bahwa iklan itu tersusun rapi dan tidak mengganggu kenyamanan pembaca kamu.

Supaya pengunjung merasa lebih akrab, perlakukan mereka seperti teman. Ajak mereka berdiskusi, beri hadiah, tanyakan apa yang mereka suka atau bahkan kamu bisa ajak mereka kopdar (ketemuan), sekedar untuk minum kopi dan berbagi ide. Untuk berinteraksi dengan pembaca, kamu bisa pakai social media (seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube) atau mengirim newsletter (seperti Mailchimp). Cantumkan social media yang kamu punya di area blog yang mudah terlihat oleh pengunjung sehingga mereka bisa me-Like atau follow sosial media kamu. Sediakan fitur untuk mengumpulkan alamat email para penunjungmu supaya mereka bisa mendapatkan update blog, promosi atau sesuatu yang menarik lainnya yang membuat mereka mau memberikan email mereka.

Email Subscribers
eDM atau Email Direct Marketing adalah salah satu cara paling efektif pemasaran secara langsung (direct marketing). Bentuk eDM antara lain email Newsletter, email katalog dan video, email Press release, email undangan dan survey, email Terima kasih.

83% B2B internet marketer menggunakan eDM sebagai media marketing mereka karena efektif dan murah bahkan bisa memberikan keuntungan hingga 3800% dari biaya yang dikeluarkan jika dilakukan dengan benar (sumber: Campaignmonitor.com).

Dari data diatas, kita menjadi tahu betapa pentingnya sebuah email untuk kesuksesan marketing kita. Marketing tidak melulu mengenai promosi dan transaksi jual-beli. Marketing bisa juga diartikan lebih luas misalnya eDM yang kamu kirimkan mengenai berita-berita terbaru yang menarik sehingga di share di social media oleh orang lain. Untuk itu, pastikan kamu memiliki fitur email subscribe di website kamu. Mungkin saja saat ini kamu belum punya ide konten atau promosi yang mau kamu kirimkan ke subscriber kamu, tapi suatu saat, database dari email yang kamu kumpulkan akan sangat berharga.

Afiliasi

Afiliasi merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama (sumber: Wikipedia).

Ada beberapa alasan mengapa cara afiliasi ini menjadi salah satu alternatif untuk dapat penghasilan tambahan dari internet, antara lain karena:

• Cepat. Kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan produksi barang, distribusi barang, kompetitor, dan lain-lain. Tugas kamu cuma mereferensikan produk yang kamu afiliasikan. Semakin banyak orang memberi dari referensimu, semakin besar komisi yang kamu terima.

• Pasif. Biasanya, seorang afiliasi akan diberikan kode berupa link yang berisi alamat URL produk yang mau di promosikan dan nomor referensi orang yang mempromosikan. Selama link itu tetap ada dan pengguna internet membeli produk yang kamu promosikan dari link tersebut, kamu akan selamanya mendapat komisi.

Bisa dijadikan sebagai Ide produk kamu. Kalau hasil dari afiliasi lebih baik, artinya audience kamu tertarik dengan produk yang kamu promosikan. Kamu bisa berfikir untuk membuat produk kamu yang serupa. Semua blogger sebaiknya melakukan bisnis model ini kecuali kalau yang kamu tawarkan di blog adalah service atau jasa, bukan produk. Kalau kamu menjual jasa di blog, sebaiknya kamu mulai menawarkannya sejak hari pertama blog mu di buat. Berbeda dengan produk, menjual jasa tidak membutuhkan waktu yang lama seperti produksi, packaging, dan distribusi.

Bagaimana afiliasi bekerja? Ketika kamu bergabung ke dalam program afiliasi dan memilih produk yang ingin kamu jual, misalnya produk Hosting Exabytes. Exabytes akan memberikan kamu kode yang dapat kamu pasang di mana saja, seperti blog kamu, website orang lain, social media, dan masih banyak lagi seperti yang sudah saya gambarkan di artikel sebelumnya.

Exabytes Indonesia memiliki program afiliasi dimana peserta afiliasi akan diberikan komisi hingga 40% untuk setiap produk kami yang mereka berhasil jual dan tidak dipungut biaya alias GRATIS untuk menjadi peserta program afiliasi. Sistem afiliasi kami sangat transparan dan mudah jadi kamu bisa tahu seberapa komisi yang kamu terima dan sangat cepat proses registrasinya, hanya dalam hitungan menit. Hubungi marketing@exabytes.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Iklan

Iklan atau Ads yang dipasang di website atau blog kamu bisa berasal dari berbagai sumber. Bisa langsung dari orang yang mau menjual barangnya atau iklan yang berasal dari media iklan seperti Google (disebut Adsense). Kedua jenis iklan tersebut mempunya banyak perbedaan, tetapi punya satu persamaan yang mendasar yaitu blog kamu harus memiliki traffic yang signifikan.

Biasanya, sebelum memasang iklan, si pemasang atau pemilik barang akan bertanya kepada kamu terlebih dahulu, “Seberapa banyak traffic bulanan di blog anda?”. Si pemasang iklan akan tertarik menempatkan produknya di blog kamu jika blog kamu mempunyai traffic yang besar dan relevan dengan produk yang ingin mereka pasarkan.

Google Adsense bisa berbentuk teks, gambar, multimedia, flash, video iklan gambar animasi, audio atau link. Berbeda dengan iklan dari Google Adsense, komisi yang kamu terima akan dihitung berdasarkan beberapa cara, jumlah klik atau jumlah banner Adsense dimunculkan di blogmu. Pembayaran dari Google Adsense dilakukan 1 bulan sekali.

By: Cristia Janto

https://www.exabytes.co.id/blog/bagaimana-cara-menghasilkan-uang-dari-blog-bagian-2/

Bagaimana Mendapatkan Uang Penghasilan Dari Blog? Bagaimana Mendapatkan Uang Penghasilan Dari Blog? Reviewed by Erhaje88 Blog on August 29, 2018 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.