Sidebar Ads

banner image

Spiritualisme Islam Kejawen Dan 6 Sisi Supranaturalnya

Di dalam kehidupan sosial masyarakat, ada sebuah pemahaman kultural yang sampai hari ini masih menarik untuk diperbincangkan. Yakni apa yang disebut dengan Islam Kejawen.

Secara syariat, Islam Kejawen memang tidak dikenal dalam Al-Quran maupun Hadits. Namun beberapa versi mengatakan, Islam Kejawen baru muncul seiring dengan datangnya Wali Songo ke Tanah Jawa untuk menyebarkan agama Islam. Dalam dakwahnya, para wali melakukan pendekatan yang halus, yaknI memasukkan unsur budaya dan tradisi Jawa agar mudah diterima dan dipahami masyarakat saat itu.

Ilustrasi gambar: kompasiana

Seperti yang nampak pada pagelaran wayang kulit dengan cerita Serat Kalimasada. Kesamaan bunyi antara "Kalimasada" dengan "kalimah syahadat" bisa disimak pada lakon tersebut.

Dikisahkan, Serat Kalimasada adalah lembaran yang berisi sesuatu yang teramat sakral dan ampuh melawan segala kejahatan di muka bumi. Konon siapapun si pembawa serat ini, maka dia akan menjadi sakti mandraguna.

Sampai menjelang akhir cerita, tidak ada tokoh yang tahu isi serat tersebut. Barulah ki dalang membeberkan jika isi Serat Kalimasada adalah dua kalimat syahadat.

Tak hanya kisah pewayangan, para wali juga menciptakan tembang Macapat yang sarat akan filsafat. Ke-11 tembang ini jika dibedah memiliki "ruh"nya sendiri-sendiri. Dimulai dari tembang Mijil yang bermakna kelahiran, hingga Megatruh (ruh meninggalkan raga) dan diakhiri dengan Pocung.

Selain berupa lakon pewayangan dan gending, aliran Islam Kejawen juga dikenal memiliki enam ilmu supranatural seperti berikut.

1. Ilmu Kanuragan atau Ilmu Kebal. Ilmu kanuragana berfungsi untuk bela diri secara supranatural dan kebal terhadap serangan. Contohnya Asma' Malaikat, Hizib Kekuatan Batin, Sahadad Pamungkas, dan lain-lain.

2. Ilmu Kewibawaan dan Ilmu Pengasihan. Ilmu Kewibawaan dimanfaatkan untuk menambah daya kepemimpinan dan menguatkan kata-kata yang diucapkan agar disegani. Sementara Ilmu Pengasihan membuat orang yang dicintai terpikat dan biasa dimanfaatkan para pemuda.

3. Ilmu Terawangan dan Ngrogosukmo. Ilmu Terawangan bisa digunakan untuk melihat bangsa gaib, masa depan, sampai berinteraksi dengan makhluk tak kasat mata. Jika dalam ilmu terawangan hanya mata batin yang berkeliaran, namun pada tingkat Ngrogosukmo, seseorang bisa melepaskan sukma untuk bepergian ke manapun ia mau.

4. Ilmu Khodam. Seseorang yang menguasai ilmu khodam berarti dia bisa berkomunikasi dengan makhluk pendamping yang selalu mengikuti tuannya.

5. Ilmu Permainan. Ilmu ini biasa digunakan seseorang yang beratraksi untuk sebuah pertunjukan. Sekilas mirip dengan ilmu kebal.

6. Ilmu Kesehatan. Termasuk dalam ilmu ini adalah ilmu gurah, ilmu kuat seks, dan ilmu-ilmu supranatural lain yang berhubungan dengan fungsi biologis tubuh manusia.

(Fadhil Nugroho Adi, Red/CN41/SM Network)

https://www.suaramerdeka.com/kultur/baca/149112/spiritualisme-islam-kejawen-dan-6-sisi-supranaturalnya
Spiritualisme Islam Kejawen Dan 6 Sisi Supranaturalnya Spiritualisme Islam Kejawen Dan 6 Sisi Supranaturalnya Reviewed by Erhaje88 Blog on January 21, 2019 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.