Sidebar Ads

banner image

Cerita Habib Luthfi Dan Zakat Beras 200 Ton

Membaca postingan "Habib Luthfi Mengeluarkan Zakat Fitrah Kurang Lebih 200 Ton", malam ini (Senin sekitar pukul 21.00 WIB) kami, Muslimat Wathonah Kota Pekalongan sowan beliau, Maulana AL HABIB LUTFI BIN YAHYA, dalam rangka persiapan Halal bi Halal Muslimat Wathonah Kota Pekalongan bersama Muslimat Wathonah Kab Pekalongan dan Pemalang.


Disela- sela pembicaraan kami, beliau menceritakan mengapa beliau setiap malam takbiran (Hari raya Idul Fitri) memberikan zakat fitrah kepada anak- anak yatim, janda dan orang- orang miskin.

Ada beberapa peristiwa yang menjadi asbabnya antara lain, pada tahun 1965 beliau mondok di Bendokerep, Cirebon. Beliau selalu puasa Dahr (puasa terus menerus dan hanya berhenti pada hari- hari yang diharamkan). Setiap hari beliau hanya buka dan sahur dengan mentimun godog (rebus -red.). Beberapa tahun kemudian dengan ketela pohon 3 ruas jari untuk buka dan sahur. Suatu hari di tengah malam beliau mendengar sayup- sayup suara tangisan bayi yang menyayat semakin lama tangisan itu semakin kencang. Beliau keluar kamar mencari sumber suara. Beliau berjalan menembus kegelapan malam menyeberangi sungai langkah. Beliau terhenti di sebuah gubuk di pinggir sungai rumah seorang janda yang baru ditinggal suaminya.

Beliau mengetuk pintu dan bertanya pada ibunya; " adik mengapa bu?"
"Sakit" jawab sang ibu.

Beliau tidak percaya karena tangis anak tersebut tidak wajar. Kemudian beliau dekati anak yang masih dalam gendongan ibunya, ernyata anak tersebut kelaparan sejak pagi belum makan. Beliau lari kembali ke pondok untuk mengambil dua ruas ketela pohon persediaan sahur untuk diberikan pada anak tersebut.

Ketika beliau mengacungkan ketela, anak tersebut langsung merebut dan memakannya dengan lahap. Melihat kejadian tersebut tak terasa air mata beliau mengalir dengan deras seraya berdoa;

" Ya Allah jika Engkau berikan padaku pangkat apapun saya mohon perkenankanlah saya akan memberikan santunan kepada anak- anak yatim setiap malam hari raya"

Doa beliau diijabahi oleh Allah SWT. Setiap malam hari raya beliau mengantarkan sendiri beras tersebut kepada mereka, bahkan sering beliau ikut memanggul sendiri. Bahkan pada tahun ini beliau mengeluarkan zakat fitrah tidak kurang dari 200 ton. (Edisi satu)

(Foto: Facebook/Zahroh Zaidi)

(Edisi dua)
Masih melanjutkan hasil sowan, Senin malam Selasa (3 Juni 2019). Beliau Maulana Habib menceritakan peristiwa kedua yang sangat menyentuh yaitu saat beliau dan keluarga sedang siap- siap untuk dahar (makan), tiba- tiba datang dua anak kecil usia 7 tahun dan 5 tahun. Kedua anak tersebut menangis menghiba minta makan. Beliau keluar menemui dua anak tersebut.

"Nangopo Le?"
(kenapa Nak), tanya beliau.

"Kulo dereng ma'em"
(saya belum makan), jawabnya.

"Sampeyan anake sopo"
(kamu anaknya siapa?).

"Kulo pitrane ibu A ingkang kolowingi bapak nembe meninggal"
(saya putranya ibu A yang kemarin bapak baru meninggal).

Seketika itu beliau memanggil Mamah Salmah untuk memberikan makan pada mereka. Dan membungkus semua makanan yang ada di rumah. Bahkan beliau menambahi dengan memesan nasi di Warteg dan mengambil sekarung beras persediaan makan keluarga. Semua diberikan pada 2 anak yatim tersebut. Kemudian dua anak tersebut diantarkan ke rumahnya. Ternyata didalamnya masih ada 3 anak yatim, sedangkan ibunya terbaring sakit tak sadarkan diri. Maulana Habib memerintahkan seseorang untuk segera memanggil dokter.

Beliau menunggui sampai ibunya siuman. Tak beberapa lama ibunya sadar, beliau menyuruh seseorang untuk menyuapi makanan yang dibawakan dari rumah. Melihat ibu dan anak- anak yatim makan, air mata beliau bercucuran. Beliau sudah tidak ingat lagi bahwa sebenarnya beliau dan keluarga belum makan dan di rumah juga tidak ada persediaan makanan.

Sejak saat itu beliau berjanji pada Allah; "akan selalu memberikan bantuan pada yatim piatu janda dan fakir miskin setiap malam hari raya".

Dari dua episode yang saya tulis, hanya sepenggal perilaku beliau yang sulit kita tiru namun kita berusaha walau setitik meniru tauladan beliau. Semoga kita semua diakui golongan santri beliau untuk selalu mentauladani beliau. Aamin...

Oleh: Zahroh Zaidi
Cerita Habib Luthfi Dan Zakat Beras 200 Ton Cerita Habib Luthfi Dan Zakat Beras 200 Ton Reviewed by Erhaje88 Blog on June 06, 2019 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.