Sidebar Ads

banner image

Terkait Gangguan Sistem Satelit Telkom 1, Bukti Teori Flat Earth Tidak Berlaku

Oleh: Thomas Djamaluddin*
Masalah gangguan sistem satelit Telkom 1 menyadarkan kita semua. Pertama, membuktikan satelit itu ada dan dipakai untuk banyak sektor, termasuk perbankan. Para penggemar dongeng bumi datar (flat earth) yang tidak percaya satelit semestinya sadar juga setelah sekian banyak orang terdampak dengan tidak beroperasinya banyak mesin ATM.
Kedua, teknologi satelit memang sudah menjadi kebutuhan manusia modern yang terus menerus harus diganti karena ada batas umurnya.

Satelit Telkom 1 tidak bermasalah dengan orbitnya. Dia masih di titik asalnya (di atas ekuator pada garis bujur 108 derajat Timur, di atas Selat Karimata dekat posisi Pontianak). Cuaca antariksa pun sedang tenang, jadi anomali (gangguan) satelit bukan disebabkan badai matahari.
Gangguan sistem satelit (mungkin karena sudah tua, 18 tahun melebihi rata-rata umur satelit sejenis yang 15 tahun) kemungkinan jadi penyebabnya. Operator satelit mestinya sudah mempunyai perencanaan jadwal penggantian sebelum masa aktif satelit berakhir.

*Profesor Riset Astronomi Astrofisika di LAPAN RI
Terkait Gangguan Sistem Satelit Telkom 1, Bukti Teori Flat Earth Tidak Berlaku Terkait Gangguan Sistem Satelit Telkom 1, Bukti Teori Flat Earth Tidak Berlaku Reviewed by Erhaje88 Blog on August 29, 2017 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.