Sidebar Ads

banner image

Agama Islam Adalah Berbudaya

Ini adalah bahan teks untuk khutbah Jum'at yang telah disusun Oleh: Prof. Dr. Muhammad Machasin, MA.

Prof. Dr. HM Machasin, MA

Islam datang dengan membawa pesan kebudayaan, yakni menaikkan derajat manusia dari kehidupan yang dikuasai nafsu, digerakkan instink dan dorongan badaniah, ke kehidupan yang diterangi akal, dikendalikan hati nurani dan didorong kehendak untuk mendapatkan keberhasilan besar: menjalankan misi sebagai hamba Allah.
Itu semua tidak dapat dicapai dengan mudah: diperlukan usaha keras untuk mengolah diri dan lingkungan tempat orang beriman hidup.

Ayat berikut memberikan gambaran bagaimana Nabi Muhammad SAW mengajari para sahabatnya dalam bergaul dengan orang-orang di sekitarnya.

{ ﻳَﺎﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻟَﺎ ﺗَﺪْﺧُﻠُﻮﺍ ﺑُﻴُﻮﺗًﺎ ﻏَﻴْﺮَ ﺑُﻴُﻮﺗِﻜُﻢْ ﺣَﺘَّﻰ ﺗَﺴْﺘَﺄْﻧِﺴُﻮﺍ ﻭَﺗُﺴَﻠِّﻤُﻮﺍ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻫْﻠِﻬَﺎ ﺫَﻟِﻜُﻢْ ﺧَﻴْﺮٌ ﻟَﻜُﻢْ ﻟَﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗَﺬَﻛَّﺮُﻭﻥَ { ‏[ ﺍﻟﻨﻮﺭ : 27 ]

Orang tidak boleh masuk rumah orang lain sebelum diizinkan.

{ ﻳَﺎﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻟَﺎ ﺗَﺪْﺧُﻠُﻮﺍ ﺑُﻴُﻮﺕَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻥْ ﻳُﺆْﺫَﻥَ ﻟَﻜُﻢْ ﺇِﻟَﻰ ﻃَﻌَﺎﻡٍ ﻏَﻴْﺮَ ﻧَﺎﻇِﺮِﻳﻦَ ﺇِﻧَﺎﻩُ ﻭَﻟَﻜِﻦْ ﺇِﺫَﺍ ﺩُﻋِﻴﺘُﻢْ ﻓَﺎﺩْﺧُﻠُﻮﺍ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻃَﻌِﻤْﺘُﻢْ ﻓَﺎﻧْﺘَﺸِﺮُﻭﺍ ﻭَﻟَﺎ ﻣُﺴْﺘَﺄْﻧِﺴِﻴﻦَ ﻟِﺤَﺪِﻳﺚٍ ﺇِﻥَّ ﺫَﻟِﻜُﻢْ ﻛَﺎﻥَ ﻳُﺆْﺫِﻱ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﻓَﻴَﺴْﺘَﺤْﻴِﻲ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﻭَﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟَﺎ ﻳَﺴْﺘَﺤْﻴِﻲ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺤَﻖِّ ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺳَﺄَﻟْﺘُﻤُﻮﻫُﻦَّ ﻣَﺘَﺎﻋًﺎ ﻓَﺎﺳْﺄَﻟُﻮﻫُﻦَّ ﻣِﻦْ ﻭَﺭَﺍﺀِ ﺣِﺠَﺎﺏٍ ﺫَﻟِﻜُﻢْ ﺃَﻃْﻬَﺮُ ﻟِﻘُﻠُﻮﺑِﻜُﻢْ ﻭَﻗُﻠُﻮﺑِﻬِﻦَّ ﻭَﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻟَﻜُﻢْ ﺃَﻥْ ﺗُﺆْﺫُﻭﺍ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻟَﺎ ﺃَﻥْ ﺗَﻨْﻜِﺤُﻮﺍ ﺃَﺯْﻭَﺍﺟَﻪُ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِﻩِ ﺃَﺑَﺪًﺍ ﺇِﻥَّ ﺫَﻟِﻜُﻢْ ﻛَﺎﻥَ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻋَﻈِﻴﻤًﺎ { ‏[ ﺍﻷﺣﺰﺍﺏ : 53 ]

Para sahabat tidak boleh masuk rumah Nabi, kecuali kalau diundang makan. Sewaktu makan pun tidak boleh melihat-lihat tempat menaruh makanan yang belum disajikan. Kalau sudah selesai makan, mereka harus segera pergi, tidak mengobrol. Kalau minta makanan kepada istri-istri Nabi, mestilah dari balik tabir; dan mereka tidak boleh menikahi isteri-isteri beliau setelah beliau meninggal.

Nabi juga mengingatkan bahwa dorongan untuk keburukan ada dalam diri manusia. “Syetan berjalan dalam aliran darah manusia. Aku khawatir ia akan melemparkan keburukan di hati kalian.”

ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ ‏( /4 1712 ‏)
ﻋَﻦْ ﺻَﻔِﻴَّﺔَ ﺑِﻨْﺖِ ﺣُﻴَﻲٍّ، ﻗَﺎﻟَﺖْ : ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻣُﻌْﺘَﻜِﻔًﺎ، ﻓَﺄَﺗَﻴْﺘُﻪُ ﺃَﺯُﻭﺭُﻩُ ﻟَﻴْﻠًﺎ، ﻓَﺤَﺪَّﺛْﺘُﻪُ، ﺛُﻢَّ ﻗُﻤْﺖُ ﻟِﺄَﻧْﻘَﻠِﺐَ، ﻓَﻘَﺎﻡَ ﻣَﻌِﻲَ ﻟِﻴَﻘْﻠِﺒَﻨِﻲ، ﻭَﻛَﺎﻥَ ﻣَﺴْﻜَﻨُﻬَﺎ ﻓِﻲ ﺩَﺍﺭِ ﺃُﺳَﺎﻣَﺔَ ﺑْﻦِ ﺯَﻳْﺪٍ، ﻓَﻤَﺮَّ ﺭَﺟُﻠَﺎﻥِ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄَﻧْﺼَﺎﺭِ، ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺭَﺃَﻳَﺎ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﺳْﺮَﻋَﺎ، ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ‏« ﻋَﻠَﻰ ﺭِﺳْﻠِﻜُﻤَﺎ، ﺇِﻧَّﻬَﺎ ﺻَﻔِﻴَّﺔُ ﺑِﻨْﺖُ ﺣُﻴَﻲٍّ ‏» ﻓَﻘَﺎﻟَﺎ : ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ‏« ﺇِﻥَّ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻳَﺠْﺮِﻱ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺈِﻧْﺴَﺎﻥِ ﻣَﺠْﺮَﻯ ﺍﻟﺪَّﻡِ، ﻭَﺇِﻧِّﻲ ﺧَﺸِﻴﺖُ ﺃَﻥْ ﻳَﻘْﺬِﻑَ ﻓِﻲ ﻗُﻠُﻮﺑِﻜُﻤَﺎ ﺷَﺮًّﺍ ‏» ﺃَﻭْ ﻗَﺎﻝَ ‏« ﺷَﻴْﺌًﺎ »

Dalam menjalankan agama, artinya juga dalam membudayakan diri, orang tidak boleh memaksa diri. “Agama ini sangat kuat, maka masuklah dengan pelan-pelan. Orang yang tergesa-gesa hanya akan menghabiskan tenaga tanpa mendapatkan apa-apa”. [Harafiah: Orang yang tergesa-gesa tidak akan menempuh jarak, tak pula merawat kendaraannya].

ﺍﻟﺴﻨﻦ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ﻟﻠﺒﻴﻬﻘﻲ ‏( /3 27 ‏)
ﻋَﻦْ ﺟَﺎﺑِﺮِ ﺑْﻦِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻧَّﻪُ ﻗَﺎﻝَ : "» ﺇِﻥَّ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺪِّﻳﻦَ ‏[ ﺹ 28: ‏] ﻣَﺘِﻴﻦٌ، ﻓَﺄَﻭْﻏِﻞْ ﻓِﻴﻪِ ﺑِﺮِﻓْﻖٍ، ﻭَﻟَﺎ ﺗُﺒَﻐِّﺾْ ﺇِﻟَﻰ ﻧَﻔْﺴِﻚَ ﻋِﺒَﺎﺩَﺓَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟْﻤُﻨْﺒَﺖَّ ﻟَﺎ ﺃَﺭْﺿًﺎ ﻗَﻄَﻊَ، ﻭَﻟَﺎ ﻇَﻬْﺮًﺍ ﺃَﺑْﻘَﻰ "

Mengolah diri secara terus menerus dalam kebersamaan dengan orang lain adalah cara agama dalam membudayakan manusia. Saling mengingatkan, saling menasehati dan menenggang akan membuat masyarakat menjadi lebih tahan terhadap godaan, provokasi atau hal-hal lain yang bertentangan dengan peningkatan manusia dari kehidupan hewani ke kehidupan manusiawi dengan sinar ilahi.

Ibadah, riyadlah, upacara dan kegiatan pemujaan lain adalah sarana, bukan tujuan. Tujuan kehidupan manusia adalah menjadi sedekat mungkin dengan yang ilahi. Ini dilakukan bukan dengan meninggalkan dunia dan semua penghuninya, melainkan dalam kebersamaan dengan sesama makhluk Allah.

Kau akan temukan Allah pada orang yang kehausan, pada orang yang sakit, pada orang yang menderita. Demikian disebutkan dalam sebuah hadis.
Agama Islam Adalah Berbudaya Agama Islam Adalah Berbudaya Reviewed by Erhaje88 Blog on March 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.