Sidebar Ads

banner image

9 Karikatur Pelajaran Hidup

Kehidupan manusia memang tidak ada hentinya untuk dibicarakan. Mulai dari hal baik, buruk hingga berbagai macam hal lainnya. Jika dituliskan dengan menggunakan kertas mungkin tidak akan cukup berlembar-lembar ya pulsker. Tidak jarang pula kehidupan sehari-hari dalam masyarakat kita terjadi kejanggalan dan hal-hal yang memicu kritik disana-sini. Selain kritik melalui status dan tulisan di media sosial, juga ada kritik yang menggunakan foto.

Namun adapula sebagian besar para seniman juga mengkritik kehidupan sosial melalui karya seni karikatur. Karikatur dibuat dengan isi dan maksud tertentu dan mengingatkan masyarakat dunia kalau tak selamanya kehidupan di dunia berisi hal indah-indah saja. Tapi berisi hal-hal lain yang patut untuk kita renungkan. Dan berikut dalah 7 karikatur tentang kritik antar perang tersebut sebagaimana dikutip dari sumber fanpage SHARE.


1. Karikatur pertama ada gambar seorang ibu yang sedang memberikan makanan kepada anaknya yang sedang menangis ini. Apa makna karikatur ini menurut kalian?. Gambar ini menceritakan tentang pengorbanan seorang ibu. Ibu tidak akan melakukan apa saja untuk kebahagiaan anaknya walaupun dia harus merasa sakit dan mempertaruhkan nyawa sekalipun. Betapa besar pengorbanan seorang ibu, makanya kita harus hormat kepada ibu kita.


2. Setiap yang hidup pasti akan mati, dan setiap yang muda akan menjadi tua. Begitulah kata pepatah pulsker. Kita hidup di dunia hanyalah untuk menunggu mati saja. Kematian kita pun tinggallah menunggu waktu. Saat kematian sudah tiba, waktu tidak akan bisa berputar. Begitulah makna karikatur ini.


3. Sadar atau tidak setiap manusia dalam seluruh hidupnya sebagian besar dihabiskan untuk mengejar uang. Uang memang penting, tapi kebahagiaan hidup itu yang lebih penting dan tidak dapat dibeli dengan uang. Karikatur ini menggambarkan jika manusia tak akan berhenti mengejar uang sampai ke liang kubur sekalipun. Jika sudah mati, selesailah urusan.


4. Nah, kalau karikatur yang satu ini pasti kalian tahu maknanya. Selalu ada saja ya orang yang ingin pamer kebaikan di media sosial. Saat dia memberi sedekah difoto lalu diposting di medsos agar mendapat pujian. Ingatlah pulsker, bersedekahlah dengan ikhlas bukan untuk pamer dan menyombongkan diri.


5. Pernah mendengar pepatah Latin yang bilang â€Å“Homo Homini Lupus”, artinya manusia adalah serigala bagi manusia lainnya? Dalam kehidupan nyata terkadang ada saja manusia yang menjadikan teman atau sesamanya untuk dijadikan mangsa demi kepentingan pribadi. Orang lain dikorbankan untuk kesenangan dia. Ini namanya kebahagiaan diatas penderitaan orang lain.


6. Dalam hidup tidak lepas dari tekanan-tekanan dalam kesehariannya. Seperti tekanan kerja, keadaan, dan lain sebagainya. Karikatur ini mengingatkan kita untuk jangan memaksakan sesuatu saat keadaan lelah oleh tekanan. Istirahatlah sejenak dan hela nafas perlahan dan memohon pada Tuhan agar semua diberikan kelancaran. Hal yang tidak dipaksakan terkadang hasilnya tidak baik pulsker.


7. Siapa yang kuat dialah yang bertahan, itulah pesan dari karikatur ini pulsker walaupun pada akhirnya kematian tak dapat ditolak. Kekuatan dapat juga ditunjukkan dengan kecerdikan akal dan memahami kelemahan serta kelengahan lawan. Sebab disaat lengah akan selalu ada orang yang mengincar kita. Oleh karena itu selalu waspada dan berhati-hati itu penting.


8. Entah mengapa sejak dulu dari sekarang orang-orang enggan memilih jalan yang lurus dan membawa kebaikan dan justru memilih jalan rumit yang membawa kesengsaraan. Mungkin kalian pernah mengalaminya, betapa sulitnya berbuat baik dan mudah mencela serta mencari keburukan orang lain. Lebih mudah berbuat sesuatu yang menjerumuskan kita ke neraka daripada ke surga. Walaupun jalan ke surga itu tidak begitu sulit sebenarnya. Pernah kan?


9. Isilah kehidupan kita dengan pengetahuan. Karena dengan pengetahuan kita dapat melihat sesuatu diluar sana. Dengan pengetahuan pula kita mendapatkan pengalaman. Dan dari pengalaman itu membuat kita tidak terjebak dibalik tembok yang gelap saja. Begitulah makna karikatur ini.

http://pulsk.com/649339/?title=9-Karikatur-yang-Memiliki-Makna-Mendalam-Tentang-Kehidupan-Manusia-Perhatikan-dan-Renungkan
9 Karikatur Pelajaran Hidup 9 Karikatur Pelajaran Hidup Reviewed by Erhaje88 Blog on April 29, 2018 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.