Sidebar Ads

banner image

Cara Tes Mobil Boros BBM Atau Tidak

Setiap pemilik mobil pasti ingin tahu kendaraannya termasuk boros atau irit. Namun tak semua orang tahu cara menghitung jumlah konsumsi bahan bakar mobilnya.

Dikutip dari Hyundai , Rabu 6 Februari 2019, ada beberapa cara untuk mengetahui jumlah konsumsi bahan bakar mobil. Salah satunya metode full to full. Begini cara mengujinya.
Kamu cukup mengisi tangki bahan bakar mobil sampai penuh dan catat berapa kilometer di odometer atau penunjuk jarak tempuh. Misalnya saja di odometer tertera 2 ribu dan diberi lambang A.


Langkah selanjutnya gunakan kendaraan untuk beraktivitas seperti biasa sehari hari. Kemudian, isi kembali bahan bakar mobil sampai penuh dan catatlah kembali berapa liter bahan bakar yang kita isikan di tangki mobil. Misalnya, kita mengisi 30 liter dan diberi lambang F.

Catat juga berapa kilometer di odometer mobil atau penunjuk jarak tempuh setelah isi bahan bakar yang kedua tadi. Misalnya saja tertera 2.300 dan kita kasih lambang B.

Berikut ini adalah rumus untuk menghitung jumlah konsumsi bahan bakar.

A: 2 ribu KM (kilometer awal)
B: 2.300 KM (kilometer akhir)
F: 30 liter (bahan bakar)
Rumusnya adalah (B-A)/F—Hasil KMliter. Didapatkan (2300 – 2000) / 30 = 10 KM/Liter

Dari penjumlahan di atas, kita bisa melihat bahwa konsumsi BBM mobil untuk jarak tempuh 300km adalah 30 liter. Jadi, bisa diambil data bahwa rata-rata penggunaan kendaraan Anda sehari hari adalah 1 liter menempuh jarak 10 km atau sering disebut sebagai rasio 1 : 10.

Untuk konsumsi BBM dengan rasio 1:10 ini bisa dibilang cukup untuk kendaraan sehari-hari. Tapi kembali lagi irit tidaknya mobil kamu tergantung siapa yang ada di balik kemudi dan juga kondisi kesehatan si mobil itu sendiri.

https://dream.co.id/amp/automotive/cara-mengetes-mobil-boros-bensin-atau-tidak-190204f.html
Cara Tes Mobil Boros BBM Atau Tidak Cara Tes Mobil Boros BBM Atau Tidak Reviewed by Erhaje88 Blog on February 07, 2019 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.