Sidebar Ads

banner image

Emas, Investasi Cerdas Bagi Pemula

Masyarakat sekarang sudah banyak yang berpikir panjang dan menyiapkan masa depan. Mereka memutuskan untuk menabung atau berinvestasi di masa muda sebagai bekal agar nantinya tidak kesulitan di hari tua.

Ada banyak instrumen investasi yang ada, mulai dari keuangan hingga komoditas. Untuk investasi kategori komoditas, salah satunya yang dinilai memberikan keuntungan cukup menjanjikan adalah emas.



Ada banyak gerai resmi yang menjual logam mulia emas. Sehingga kualitasnya sudah pasti terjamin alias bukan emas palsu. Ukurannya pun beragam, mulai dari 1 gram, hingga puluhan dan ratusan gram.

Dengan investasi emas, maka ada beberapa keuntungan yang perlu diketahui agar tidak ragu lagi menyimpan dana untuk masa depan dalam bentuk instrumen ini, terlebih bagi pemula yang ingin berinvestasi. Lalu apa saja keuntungan investasi emas itu? Berikut ulasannya:

1. Tidak Mengalami Pergeseran atau Perubahan Kualitas

Investasi emas, dikenal merupakan investasi yang tidak mengenal pergeseran kualitas. Pun dengan nilainya, tidak ada perubahan yang signifikan. Tidak seperti investasi di sektor keuangan, yang pergerakannya cukup dinamis dan drastis.

2. Resiko Investasi Emas Sangat Rendah

Ketika memutuskan berinvestasi, tentu tidak akan sembarangan untuk memilih instrumen investasi, bukan? Nah, jenis investasi apa yang akan diambil dan seperti apa investasi yang cocok dengan pendapatan itu harus dipikirkan dengan matang.

Apalagi mengenai resiko yang harus ditanggung atau dialami ketika berinvestasi. Tentu saja tidak boleh sembarangan yang akhirnya menimbulkan masalah. Nah, investasi emas ini memiliki resiko rendah, tidak seperti investasi pada saham. Jika pemula, investasi emas ini relatif disarankan.

3. Tidak Menimbulkan Biaya-biaya Tambahan

Emas merupakan logam mulia yang semakin lama justru semakin langka. Fakta ini bisa dimanfaatkan untuk menjadikan emas sebagai instrumen investasi. Semakin lama Anda mengelola investasi emas, maka harga yang didapatkan berpotensi semakin naik.

Kendati ada pergerakan penurunan, namun penurunannya pun masih dalam jumlah yang sangat wajar, dan tidak mermerlukan waktu yang lama pasti akan mengalami kenaikan lagi.

4. Emas Juga Bisa Diubah Bentuknya Sesuai Keinginan

Logam mulia yang satu ini juga memiliki fleksibilitas yang tinggi karena bisa dibentuk sesuai keinginan, seperti menjadi emas perhiasan, berbagai peralatan rumah tangga, hiasan dinding, dan masih banyak lagi. Kendati sudah diubah menjadi bentuk lain, ketika dijual lagi, nilainya tetap tinggi selama jumlah karatnya juga masih banyak.

5. Dana untuk Investasi Emas bisa Kecil

Tidak harus punya uang puluhan juta atau ratusan juta rupiah terlebih dahulu untuk bisa memiliki investasi. Dana yang dibutuhkan untuk melakukan investasi di logam mulia tidaklah harus besar. Sebab rata-rata harga yang dijual di Butik Emas atau di Antam hanya kisaran Rp600-an ribu per gram dan sekitar Rp2-3 jutaan saja per 5 gramnya.

Oeh karena itu, investasi di logam mulia ini relatif cukup terjangkau bagi siapa saja. Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan per bulannya untuk mencicil pembelian logam mulia. Sebab sudah banyak gerai emas yang menawarkan pembelian dengan cara mencicil. Mudah, bukan? (Sumber artikel)

Salah satu gerai emas adalah Pegadaian. Perusahaan jasa tersebut kini membuka tabungan investasi emas dengan nama Tabungan Emas. Layanan penjualan dan titipan emas ini memberikan kemudahan untuk berinvestasi logam mulia berupa emas. Harganya-pun terjangkau bagi masyarakat menengah ke bawah.

Adapun keunggulan dari Tabungan Emas ini adalah:

1. Pegadaian Tabungan Emas tersedia di seluruh kantor cabang Pegadaian di Indonesia.
2. Pembelian emas dengan harga terjangkau (mulai dari berat 0,01 gram)
3. Mudah dan cepat dicairkan sewaktu-waktu saat butuh dana.
4. Top Up saldo Tabubgan Emas bisa dilakukan online lewat channel perbankan.
5. Layanan petugas profesional.

Untuk informasi cara membuka rekening Tabungan Emas di Pegadaian, silahkan baca selengkapnya di:
pegadaian.co.id/pegadaian tabungan emas
Emas, Investasi Cerdas Bagi Pemula Emas, Investasi Cerdas Bagi Pemula Reviewed by Erhaje88 Blog on February 09, 2018 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.