Sidebar Ads

banner image

Evie Effendi Akhirnya Dilaporkan PW IPNU ke Polda Jabar

Evie Effendi, Youtuber yang mengaku mendalami Islam secara otodidak akhirnya dilaporkan pengurus wilyah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) ke Mapolda Jabar. Di channel videonya, ia telah salah menafsirkan Alquran karena saat ceramah menyebut 'Muhammad sesat sebelum nabi'.

(Evie Effendi)

Laporan dibuat atas nama Hasan Malawi ke Polda Jabar per tanggal 11 Agustus 2018. Evie dilaporkan atas dugaan UU ITE dengan nomor laporan: LPB/769/VIII/2018/JABAR. Terkait ceramahnya, Evie pun sudah menyampaikan permohonan maaf perihal tersebut melalui video di Instagramnya. Namun ia samasekali tidak memberikan alasan pelarangan memperingati Maulud Nabi SAW.

Hasan selaku wakil ketua Bidang Kaderisasi IPNU Jabar membenarkan telah melaporkan Youtuber yang berperan sebagai 'ustad' tersebut. Selain bentuk laporan polisi, PW IPNU Jabar menuntut Evie tidak ceramah di depan khalayak umum karena Evie belum layak disebut ustad.

"Tafsiran memaknai dengan bingung. Yang kita tuntut bahwa saudara EE ini supaya tidak melanjutkan lagi bicara di publik soal keagamaan. Karena dia tidak memiliki kapasitas," ucap Hasan saat dihubungi detikcom via telepon, Senin (13/8/2018).

Hasan menilai menilai Evie tak memiliki cukup ilmu hingga salah menafsirkan Alquran. "Orang yang menafsiri Alquran tanpa ilmu akan ditempatkan di neraka. Kalau perkataannya sesat, mungkin dia akan menyesatkan orang lain dan itu sangat sistematis. Dia ngomongin sesat ditambah orang yang melaksanakan maulid nabi sesat, itu repot," tutur Hasan.

(Youtuber Ini Sebut Rasulullah Pernah Sesat")

IPNU Jabar Sampaikan Tiga Poin

IPNU Jabar menyampaikan tiga poin pernyataan sikap soal isi ceramah ustaz Evie tersebut. Surat pernyataan sikap itu ditandatangani Ketua PW IPNU Jabar Ziyad Ahmad pada 10 Agustus 2018. Berikut sikap IPNU Jabar:

1. Menuntut saudara Evie Effendi untuk tidak lagi bicara di hadapan publik terkait narasi atau wacana keagamaan terutama yang menyinggung soal keyakinan dan keimanan. Karena saudara Evie Effendi tidak memiliki kapasitas dan keilmuan yang mumpuni. Sebagaimana dalam ucapannya itu menyebabkan keresahan dan kegaduhan umat Islam.

2. Menghimbau dan mengajak umat Islam khususnya santri dan pelajar NU untuk senantiasa cerdas dan mewaspadai pandangan dan pemahaman yang lahir dari saudara Evie Effendi dan kalangannya karena sudah jelas sesat dan menyesatkan. Supaya masyarakat bisa memahami keilmuan dan keagamaan dari sumber dan rujukan yang bisa dipertanggungjawabkan sanad keilmuannya.

3. Menginstruksikan kepada Pimpinan Cabang (PC), Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan Komisariat (PK), Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT), Pimpinan Ranting (PR) dan seluruh kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) se-Jawa Barat untuk melaporkan saudara Evie Effendi ke pihak yang berwajib di masing-masing daerah agar diproses secara hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumber berita: detik.com
Evie Effendi Akhirnya Dilaporkan PW IPNU ke Polda Jabar Evie Effendi Akhirnya Dilaporkan PW IPNU ke Polda Jabar Reviewed by Erhaje88 Blog on August 13, 2018 Rating: 5

No comments:

Erhaje88 tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Stay Connected

Powered by Blogger.